0
Dikirim pada 10 September 2013 di Uncategories

Di era digital seperti saat ini kita tak akan lepas dengan yang namanya internet. Sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk membantu seluruh pekerjaan kita. Namun apakah anda tau bagaimana internet lahir dan mulai dikenalkan? Saya yakin tidak semua orang tahu akan sejarah internet sejarah internet. Siapa penemunya dan dimana pertama kali internet digunakan.

Untuk itu di sini saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana sejarah internet lahir di dunia hingga sekarang menjadi kebutuhan pokok manusia. sekedar untuk menambah wawasan kalian tentang sejarah dan perkembangan internet beserta pengertian internet. Oke langsung saja ga perlu panjang lebar simak uraian sejarah internet sejarah internet berikut ini.

dimulai pada tahun gajah 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Saya Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Eyang Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.


Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency / Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan "at" atau "pada".

oke sekian dulu sejarah internet secara singkat yang bisa saya share buat kalian. semoga bermanfaat ya.



Dikirim pada 10 September 2013 di Uncategories
comments powered by Disqus


connect with ABATASA